REGISTRASI DAFTAR AGEN PULSA - BOS OUTLET adalah authorized dealer pulsa elektonik kartu prabayar, untuk semua produk operator telekomunikasi yang ada di indonesia. Kami menawarkan penghasilan tambahan kepada siapapun, dan dimana pun, untuk dapat bergabung bersama Layanan Isi ulang pulsa elektronik dengan harga pulsa paling murah/normal…tapi dengan kualitas yang bukan murahan..
Gratiss... Bayar untuk Saldo Minimal Rp. 100.000,- Bergabunglah menjadi Agen Pulsa Kami
DAFTAR KLIK DISINI

Thursday 9 June 2016

Sejarah Masjid dan Tanah yang Disatukan Sang Sunan

NEWS BOS - Masjid Jami Darussalam yang berada di Desa Karangsambung Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka konon menurut masyarakat sekitar didirikan langsung oleh Sunan Gunung Jati pada abad ke-14. Kala itu Desa Karangsambung masih terdiri dari beberapa blok, sebelum disatukan menjadi sebuah desa bernama Desa Karangsambung.

"Sekitar abad 14, Sunan Gunung Jati diperintahkan oleh Sultan Demak untuk menyebarluaskan Agama Islam di Pulau Jawa bagian barat sambil mendamaikan masyarakat yang sedang berseteru untuk memperebutkan batas wilayah," ungkap Anggota DKM Darussalam, Mohammad Diat kepada, Senin (6/6).
Sejarah Masjid dan Tanah yang Disatukan Sang Sunan

Mohammad Diat menceritakan, Sunan Gunung Jati datang ke Desa Karangsambung dengan didampingi para abdi dalem yang disebut Ki Gedeng. Saat itu Desa Karangsambung masih terdiri dari lima blok yakni pertama, Blok Karang Koletrak yang sekarang menjadi Blok Sabtu, di mana masyarakatnya mempunyai keahlian perang.

Dilansir dari Fajar news com, Kedua, Blok Karang Sinom yang sekarang menjadi Blok Ahad, di mana masyarakatnya mempunyai keahlian retorika. Ketiga, Blok Karang Suwung yang sekarang menjadi Blok Jumat, di mana masyarakatnya mempunyai keahlian di bidang agama.

Keempat, Blok Karang Setra yang sekarang menjadi Blok Senen sebelah timur, di mana masyarakatnya mempunyai keahlian di bidang usaha. Dan kelima, Blok Karang Pawijan yang sekarang berdiri kantor Desa Karangsambung.

"Dari kelima blok itu, ada empat blok yang keadaan warganya kacau balau karena sering berseteru untuk berebut batas wilayah. Berkat usaha para pembantu Sunan Gunung Jati, masyarakat yang berseteru tersebut bisa didamaikan, maka daerah-daerah tersebut disatukan menjadi Karangsambung yang bermakna halaman (tanah) yang disatukan," tutur Mohamad Diat.

Menurut catatan sejarah, lanjutnya, setelah masyarakat bersatu, maka para pembantu Sunan Gunung Jati membuat tempat ibadah yang sekarang bernama Masjid Jami Darussalam.

Para pembatu Sunan Gunung Jati yang ikut mendirikan Masjid Darussallam yakni Ki Gedeng Pancuh, Ki Gedeng Curug Landung, Ki Gedeng Magelung, Ki Gedeng Babadan, Ki Gedeng Sawit, Ki Gedeng Keked, Ki Gedeng Bango Dua dan Ki Gedeng Hanjatan.

Selain membuat masjid, para pembantu Sunan Gunung Jati juga membuat peralatan-peralatan di antaranya sebuah kursi yang dibuat oleh Ki Gedeng Sawit. Kursi itu digunakan sebagai tempat duduk Ki Gedeng Sawit pada saat memberikan ceramah keagamaan, bahkan sebelum tahun 1970-an kursi tersebut sering digunakan untuk sumpah bagi mereka yang bersengketa.

Ada juga perabot perang seperti tumbak, keris, pedang, meriam dan yang lainnya yang sampai sekarang tersimpan rapih sebagai peninggalan bersejarah. Masjid Jami Darussalam sampai sekarang sering dikunjungi pihak luar, bahkan para pelajar dan mahasiswa sering datang sekadar untuk tahu sejarah pendiriannya.

Di bawah kepemimpinan Ketua DKM Dede Iwan, dengan sekretaris Suwarman, masjid ini terus
dijaga keasliannya. Dalam perjalanannya masjid ini telah direnopasi sebanyak tiga kali, yakni sekitar tahun 1975, 1982, dan 2003.

0 komentar:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html